Apa Gunanya Kuliah???? - MOTIVASI UNTUK MAHASISWA MENCAPAI SARJANA


Salam sejahtra para bloger indonesia dan para pemuda penerus bangsa....

ni abis ngerjain UAS kebetukan takehome, jadi sedikit santai....betulnya udah malem, sekitar pukul 02:00, tapi mau langsung tidur kok susah...ya dah...kita ngobrol aja dulu sedikit....

sudah beberapa hari ini saya menanyakan kepada beberapa orang dari teman, saudara, dosen dll "apa sih gunanya pelajaran2 hitung2an seperti statistika, untuk apa penerapanya nanti....????"

Dari semua yang jawab...."ya namanya pelajaran seperti itu untuk mengasah otak" semua pada jawab kurang lebih seperti itu....dan orang terakhir yang aku tanya dia cuman lulusan sd, tapi jawabannya sangat mengena...

"emang namanya pelajaran seperti itu hanya 15% dipakai dilapangan kerja, tapi ada fungsi, yaitu akan membantu logika2 kita saat mulai berfikir tentang menyelesaikan suatu masalah..." itu kata dia.

aku cerna lagi dan aku pikirkan lagi jawabannya....seorang lulusan sd berumur 65 tahun bisa menjawab sedemikian rupa...

lalu aku tanya lagi, "anda kan cuman lulusan sd....tapi kenapa bisa begitu sukses dan bahkan pola pikir anda jaoh kedepan seperti seorang sarjana S3/doktor"tanyaku penuh penasaran....

dan jawabnya mudah..."pengalaman", lalu aku jawab "kalo begitu mending cari pengalaman dong daripada kuliah....?"

dia jawab lagi, "enggak semua orang memiliki kinerja dan keuletan yang tekun, apa mungkin semua orang yang mencari pengalaman akan seperti saya???...enggak, darimaka itu....jika kuliah dan dibarengi pengalaman maka bisa melebihi saya" jawabnya dengan penuh keyakinan memberikan motifasi...

aku kenal betul sengan orang ini, dan aku sempat bekerja pada orang ini....setiap perkataan yang ia katakan tentang sesuatu yang akan terjadi pasti benar, dan itu semua juga karena pengalaman....

aku juga tanya kepada dia...."hidup jaman sekarang itu susah ya...?"

dia jawab enggak, sekarang akses komunikasi mudah, transportasi mudah....hanya saja orang2nya yang terlalu banyak keinginan bukan kebutuhan....

benar2 setiap jawaban yang ia katakan sangat berlogika, aku bayangkan, jika ia lulusan S3 mungkin udah jadi menteri kali.....sayangnya cuman sd, tapi ia mengantongi segudang usaha-usaha, investasi banyak....

kalo aja banyak orang kayak dia mungkin Indonesia akan cepat maju, tidak dengan pola yang keterbelakangan, masak namanya mahasiswa kok demo,tawuran...yahhhh, kalahdong ama yang lulusan sd...

oke kawan, ni udah malem,sekarang ane mau tidur dulu....biar besok ngerjain ujian statistika lancarrr...

SELAMAT BERJUANG PARA PENERUS BANGSA....!!!!

byeee.....