Pengalaman : Hikmah



selamat pagi sobat onliner, abis lari pagi seperti biasa ambil kopi sambil online
:Cendol:
Setiap ketika lari pagi, ane liat banyak orang dari bermacam2 profesi, bermacam-macam kebiasaan, sifat dll. Dari situ ane bisa simpulkan bahwa mereka memiliki pengalaman yang banyak.
Tapi ada yang mengganjal dipikiran ane, apa benar mencari pengalaman sebanyak-banyaknya itu sangat penting?
ternyata sangat benar, tapi ada yang lebih penting lagi "seberapa banyak hikmah yang dapat kamu petik dari setiap pengalaman kamu" karena sebuah pengalaman bisa didapatkan dimana saja, begitu juga hikmah (muhasabah diri).
Bahkan hikmah bisa kita dapatkan pada setiap langkah yang kita pijakkan, yaitu dengan mengoreksi diri kita "apa yang bisa kita petik dalam setiap langkah kita"
Banyak sekali ane melihat keluarga-keluarga bahagia, padahal dengan ekonomi yang cukup, ada juga orang tua renta yang selalu menikmati hidupnya (ini biasa ane temukan ketika ane lari pagi).
dari maka itu hikamah (muhasabah diri) lebih penting, untuk membentuk kepribadian yang lebih baik, dan semua itu tidak ada dimata pelajaran di sekolah, tapi sudah diajarkan oleh Islam 1400 tahun yang lalu.

1. Mampu mengambil hikmah atau pelajaran dari setiap kejadian yang ada.

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُوا الْأَلْبَابِ

Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).
[QS al-Baqarah (2): 269]

2. Mau belajar dari kisah-kisah orang terdahulu. Baik pelajaran yang membawa kebaikan maupun pelajaran yang membawa keburukan.

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلٰكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.
[QS Yusuf (12): 111]


salam sukses sobat !!!