Tips Ringan Agar Pekerjaan Perfectsionis Tidak Kebanyakan Waktu dan Biaya



Pertama segala puji bagi Tuhan yang telah memberikan segala karunianya.

Saya rasakan dalam hidup saya segala pekerjaan yang saya lakukan kok kebanyakan biaya dan waktu, mulailah saya memahami karakter saya, ternyata saya adalah seorang perfeksionis.  Alahamdulillah bukan perfeksionis kronis..... hehehehe.....

Untuk seorang yang seperti saya pasti akan merasa tidak nyaman ketika hal yang selesai dikerjakan tidak 100% bagus / ada kekurangan sedikit saja. Tentunya saya juga memahami sebagus / sehat-hati dikerjakan pasti masih ada kekurangannya.

Sedikit berbagi tips untuk kalian yang merasa adalah seorang perfeksionis, tidak semua yang saya tulis ini bisa diaplikasikan kepada para perfeksionis, dikarenakan sifat, karakter dan pola berfikir yang berbeda-beda. Tapi semoga ini bermanfaat untuk kalian semua.
  1. Petakan hal-hal yang akan dikerjakan.
  2. Atur urutan dari setiap pekerjaan, dinisi kita manage segala step yang harus dilakukan secara detail dari setiap kegiatan.
  3. Awasi ketika pelaksanaan jika menggunakan orang lain untuk mengerjakan setiap step / langkah pada point ke-2, ini sangatlah mengemat waktu, bisa jadi menghemat biaya karena tidak ada kesalahan yang harus diulang kembali dengan pembelian bahan / material baru untuk mengulang.
Disarankan bagi seorang perfeksionis untuk menyelesaikan masalah menggunakan orang yang berpengalaman dibidangnya, karena ini juga termasuk profesionalisme dalam pengerjaan, tapi jika ingin dikerjakan sendiri juga tidak apa-apa asalkan kalian sudah memahami sitim pakar / sudah mengetahui dasar-dasar yang harus dilakukan.

Salam sukses bagi kalian semua, tetap semangat dan terus beinovasi.